top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

4 Jenis material peredam panas untuk atap


Bagian bangunan yang menerima panas cahaya matahari paling banyak yaitu atap bangunan. Jika atap bangunan tidak diberi peredam atau insulasi panas yang baik, panas akan terus bergerak menuju ke ruangan di bawahnya sehingga membuat ruangan tidak nyaman. Selain meredam panas, material-material ini juga dapat berfungsi sebagai peredam suara, sehingga rintikan hujan tidak terdengar terlalu keras.


Berikut merupakan jenis material yang dapat digunakan untuk meredam panas pada atap.


1. Aluminium foil




Aluminium foil merupakan insulasi atap yang paling sering dipakai di Indonesia. Karena mengkilap, aluminium foil ini dapat memantulkan panas yang masuk sehingga menjaga suhu dalam ruangan agar tidak telalu panas.


2. Bubble foil



Bubble foil adalah aluminium foil yang memiliki rongga-rongga berbentuk bulat yang berfungsi untuk meningkatkan efektivitas insulasi panas dari material aluminium foil biasa. Bubble foil ini memiliki 2 permukaan aluminium foil (double sided) yang tentunya meningkatkan kemampuan insulasi panas material tersebut.



3. Glasswool atau Rockwool




Glasswool adalah material serat fiber yang diolah menjadi lapisan seperti wool. Glasswool lebih sering digunakan sebagai insulasi atap perkantoran dan pabrik. Tetapi kelemahan glasswool yaitu glasswool dapat menyerap air, sehingga jika ada kebocoran atap, glasswool menjadi lembab dan menjadi sarang binatang berbahaya. Cara pemasangan glasswool juga cukup susah karena membutuhkan komponen lain seperti wiremesh dan aluminium foil. Pemasangan glasswool juga harus menggunakan pengaman yang cukup karena berbahaya jika terhirup atau terkena kulit.



4. Semprotan polyurethane



Semprotan polyurethane merupakan bahan insulasi dalam bentuk busa semprot yang akan mengeras dan dapat menahan panas dan suara dengan baik. Material ini biasa digunakan pada bangunan-bangunan yang memiliki atap deck beton. Aplikasi material ini sangat mudah dan efisien tetapi memiliki harga yang cukup mahal.




KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

102 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page