top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

Teknik Pengecoran Lantai Gudang dengan Floor Hardener


Calon pemilik gudang kadang awam dengan teknik pengecoran gudang dan menganggap cara pengecoran lantai gudang sama dengan pengecoran lantai rumah. Hal ini jelas berbeda karena lantai rumah setelah dicor masih akan ditutup keramik, sedangkan lantai gudang menggunakan beton ekspos dan dilewati beban-beban yang jauh lebih berat daripada rumah tinggal.


Berikut merupakan langkah-langkah yang diperlukan dalam pengecoran lantai gudang :


1. Perataan dan pemadatan tanah


Source: wanckerneuzon.co.za

Perataan dan pemadatan tanah yang akan dilaksanakan pengecoran lantai gudang. Perataan menggunakan stamper atau vibro. Saat pemadatan harus disiram air agar tanah semakin padat.





2. Pemasangan kaki-kaki wiremesh


Source: google.com


Kaki-kaki wiremesh berfungsi agar wiremesh tidak bergeser dan tidak langsung menyentuh tanah saat dipasang, sehingga keseluruhan wiremesh dapat tertimbun cor-coran.





3. Penggelaran wiremesh


Source: pratamaprimabajatama.com

Ukuran wiremesh yang akan dicor disesuaikan dengan beban yang perlu dipikul.





4. Pemasangan bekisting


Source: ilmunyaorangsipil.blogspot.com

Ketinggian cor-coran harus ditimbang dengan benar agar hasil akhir lantai tidak miring, lalu dipasang bekisting sesuai ketinggian cor-coran. Tebal plat beton minimal 5 cm, disesuaikan dengan beban diatasnya.





5. Pemasangan dilatasi



Pemasangan dilatasi cor-coran untuk bentang yang sangat lebar, dilatasi ini berfungsi untuk memberikan ruang muai susut pada beton agar tidak terjadi keretakan.





6. Penyemprotan campuran semen


Source : solusijasakonstruksi.com

Setelah site siap untuk pengecoran, maka semen dari molen bisa disemprotkan menggunakan pompa.





7. Pemadatan cor-coran


Source: wahooshared.blogspot.com

Cor-coran harus dipadatkan menggunakan vibrator, agar tidak ada bagian-bagian yang keropos. Bagian yang keropos tentunya memperlemah kekuatan cor-coran.




8. Perataan permukaan lantai


Source: youtube.com

Setelah cor-coran padat, dilakukan perataan dengan menggunakan mesin perata cor-coran agar lantai cor tidak bergelombang.





9. Penaburan floor hardener

Source: dolphinfloats.co.in

Setelah cor-coran setengah kering, penaburan floor hardener dapat dilakukan. Plat beton siap untuk ditaburi material floor hardener apabila saat permukaan cor ditekan dengan ibu jari hanya akan meninggalkan bekas sedalam 3-5 mm saja.





10. Perataan dan penghalusan floor hardener


Source: google.com

Plat lantai yang sudah ditaburi floor hardener dapat dilakukan pemolesan dengan trowel sehingga lantai menjadi rata dan mengkilap.


Setelah mengetahui proses pengecoran lantai gudang, semoga anda sebagai calon pemilik tidak salah dan mengalami kerugian yang besar.




KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

2,993 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page