top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

4 Kegunaan Amplas dalam Proses Pembangunan


Kebanyakan orang hanya mengetahui amplas untuk menghaluskan kayu saja, padahal masih banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dengan amplas.


Berikut merupakan kegunaan amplas dalam proses pembangunan.



1. Menghaluskan dan memadatkan pori kayu


Source: radium.co.id

Selain membuat permukaan kayu menjadi halus, amplas dapat digunakan untuk memadatkan pori-pori kayu yang sulit diisi dempul. Setelah filler dan dempul diaplikasikan pada permukaan kayu, biasa dilakukan pengamplasan permukaan kayu untuk menekan dempul agar dapat masuk ke dalam pori-pori kayu. Hal ini dapat memperpadat dan memperkuat kayu.




2. Menghaluskan acian dan plamir dinding



Source: google.com

Bagian timbul pada acian dan plamir dapat dihaluskan dengan amplas, tetapi butuh tenaga dan waktu yang banyak untuk menghaluskan bagian tersebut, sehingga diperlukan bantuan alat amplas agar lebih efisien.




3. Menghilangkan karat


Source: bacaterus.com

Untuk menghilangkan karat pada besi, pilih amplas khusus besi yang terbuat dari silicon carbide. Kombinasikan amplas kasar dan halus agar memberi hasil yang maksimal

Kamu juga bisa menggunakan ampelas untuk menghilangkan karat pada besi dan logam. Pilihlah ampelas khusus besi yang terbuat dari bahan silikon karbide.




4. Menghilangkan goresan pada keramik (untuk keramik kualitas bagus)


Source: properti.kompas.com


Perlu digarisbawahi bahwa perlakuan ini hanya dapat dilakukan pada keramik berkualitas bagus, tidak untuk homogenous tile. Amplas juga harus menggunakan nomor terkecil (paling halus) agar tidak menambah goresan pada keramik.



KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

210 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page