top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

7 Trend Material Untuk Second Skin


Material second skin / secondary skin sangat disukai arsitek dan kontraktor, karena selain membuat bangunan lebih estetis, second skin juga dapat membuat bangunan lebih sejuk karena dapat menghalau matahari yang masuk.


Aluminium Composite Panel (ACP)


Source: indiamart.com

Alumunium Composite Panel (ACP) adalah panel persegi panjang yang merupakan perpaduan antara plat alumunium dan bahan compositeAlumunium Composite Panel (ACP) biasa digunakan untuk second skin pada bangunan ruko dan Mall karena beratnya yang cukup ringan, sangat kaku dan minim perawatan dan harganya yang relatif murah.




Perforated metal


Source: perforated-metal.net

Perforated metal adalah lembaran logam yang dilubangi dengan ditekan hingga menghasilkan pola pola bulat dan bentuk dekoratif lain sesuai keinginan. Material yang biasa digunakan untuk memproduksi perforated metal adalah baja canai dingin (cold formed steel), aluminium, tembaga, stainless steel, baja galvanis, tinplate, titanium, dan monel. Kelebihan dari perforated metal ini yaitu lubang dapat dicustom sesuai keinginan sehingga jika digunakan untuk second skin dapat memberikan estetika sesuai keinginan arsitek.


Sayangnya harga perforated metal sangat mahal.




Expanded metal


Source: indiamart.com

Expanded metal merupakan lembaran logam yang ditarik hingga terbentuk lubang dengan pola repetisi yang sama. Berbeda dengan perforated metal yang dapat dibentuk lubang sesuai keinginan, expanded metal hanya dapat membentuk lubang seperti jaring-jaring.


Expanded metal sebagai second skin merupakan solusi murah untuk alternatif penggunaan perforated metal.




GRC board


Source: pinterest.com

GRC (Glassfibre Reinforced Concrete) board merupakan papan semen yang biasa digunakan untuk dinding dan plat lantai. GRC board juga dapat dilubang-lubangi dan digunakan untuk second skin pada suatu bangunan. Kelebihan dari second skin ini yaitu harganya yang relatif murah dan ketahanan terhadap cuaca.




Roster


Source: blog.bluprin.com

Roster atau dikenal sebagai ventilation block merupakan campuran dari semen atau tanah liat yang dibentuk dengan motif lubang untuk meneruskan cahaya dan udara. Roster biasa digunakan arsitek untuk second skin pada bangunan rumah tinggal dan cafe. Roster tanah liat dapat memberikan kesan tropis sedangkan roster beton dapat memberikan kesan minimalis yang indah. Sayangnya roster kurang tahan cuaca sehinggabutuh perawatan extra jika digunakan untuk second skin.




Jalusi


Source: forum.rumah123.com

Jalusi merupakan jendela krepyak yang terbuat dari kayu. Jendela krepyak ini biasa digunakan pada rumah-rumah lama untuk memasukkan angin dan cahaya matahari, tetapi arsitek masa kini dapat mengubahnya menjadi second skin yang indah. Kejelekan dari jalusi ini yaitu materialnya yang terbuat dari kayu sehingga butuh perawatan berkala agar warna tidak pudar dan kayu tidak lapuk.




Green wall


Source: thefifthestate.com.au

Green wall merupakan dinding yang terbuat dari tanaman rambat. Green wall sangat indah jika digunakan untuk second skin. Kelemahannya yaitu harganya dan perawatan yang sangat mahal, struktur second skin juga harus diperhatikan karena beban tanaman sangat berat.


Setelah mengenal karakter second skin ini, anda sebagai arsitek maupun kontraktor dapat mengusulkan mana yang seusai dengan keinginan dan budget klien.




KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

3,352 views0 comments

Kommentare


bottom of page