top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

Ukuran Tangga yang Benar dan Nyaman


Source: pinterest.com

Sebagai arsitek maupun kontraktor, kita harus mengetahui ukuran anak tangga yang nyaman agar tidak membuat lelah pemilik rumah atau bahkan membahayakan mereka. Tangga yang terlalu tinggi atau lebar pijakan yang terlalu pendek dapat membuat pengguna kesulitan melangkah dan bahkan tersandung hingga jatuh.


Berikut merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk tangga yang nyaman untuk pengguna.

1. Panjang Pijakan


Source: civiology.com

Panjang pijakan datar (riser atau aantrede) harus berkisar antara 25 cm sampai dengan 30 cm, sesuai dengan panjang kaki manusia sekitar +/-25cm.


2. Tinggi Pijakan


Source: dimension.guide

Tinggi pijakan (optrede) harus berkisar antara 16 cm sampai dengan 19 cm, supaya tidak terlalu tinggi mengangkat kaki.


3. Sudut Kemiringan Tangga


Source: spikevm.com

Sudut kemiringan tangga harus berkisar 25 - 40 derajat. Tetapi sudut paling nyaman ada pada kisaran 30 - 35 derajat. Jika kemiringan terlalu curam tentunya pengguna akan kesusahan untuk menaikinya. Jika kemiringan terlalu datar selain menghabiskan banyak space untuk tangga, pengguna juga akan lebih lelah menaiki anak tangga yang sangat banyak.


4. Sediakan Bordes


Source: pinterest.com

Bordes merupakan bagian dari tangga yang jauh lebih lebar dari anak tangga lainnya. Penyediaan bordes ini bertujuan sebagai tempat beristirahat bagi pengguna yang menaiki tangga. Keberadaan bordes ini sangat membantu khususnya bagi orang yang sudah lansia.




5. Jangan sampai Pengguna Terbentur Balok


Source: dedaunan.com

Balok di atas tangga harus diperhatikan ketinggiannya agar orang yang menaiki tangga tidak terbentur balok tersebut, yaitu sekitar 200 cm. Hindari perbedaan tinggi hingga diatas 2 cm di tiap anak tangga, karena dapat sangat membahayakan pengguna.


Kadang kita melihat tangga yang cukup curam untuk rumah-rumah di lahan sempit, tangga tersebut tidak nyaman tetapi masih dalam batas aman jika penggunanya masih muda.

Tangga tersebut tidak disarankan jika digunakan oleh orang tua.



KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

39 views0 comments

Comments


bottom of page