top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

8 Tanaman Hias yang dapat Meningkatkan Kesehatan Pengguna Rumah




Tanaman hias selain dapat membuat ruang dalam rumah lebih cerah dan sejuk, jika dipilih dengan tepat juga dapat meningkatkan kesehatan penghuni rumah.

Berikut merupakan tanaman hias untuk kesehatan yang dapat ditempatkan di dalam rumah :


1. Lidah buaya



Lidah buaya terkenal sebagai tanaman pembersih udara. Satu pot lidah buaya kurang lebih sama dengan sembilan pembersih udara biologis. Lidah buaya dapat menyerap formaldehida monoksida, karbon dioksida, dan karbon monoksida yang merupakan zat racun dalam rumah. Jika jumlah racun udara dalam rumah sudah berlebih, maka daun pada tanaman Aloe akan berbintik hitam sebagai penanda dan akan membersihkan udara tersebut.



2. Ivy/Sirih belanda


Source: bukalapak.com

Ivy atau disebut juga sebagai sirih belanda merupakan tanaman hias dalam ruangan paling efektif dalam menyerap senyawa beracun formaldehida. Selain itu, tanaman hias ini juga dapat menyerap zat berbahaya lainnya seperti benzena. Sirih belanda dalam 24 jam dapat menyerap 90% dari benzena dalam ruangan. Benzena dihasilkan dari sisa pembakaran dan digunakan dalam pembuatan plastik yang beracun bagi tubuh.



3. Kaktus


Source: homeguides.sfg.com

Kaktus sangat cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan, selain perawatannya yang mudah karena tidak perlu sering-sering disiram air, kaktus juga berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan radiasi dalam rumah. Kaktus juga dapat menyerap karbon dioksida di malam hari untuk melepaskan oksigen dalam ruangan.



4. Pachira/Kacang Saba


Source: tukangtaman-pesonaalam.com

Pachira Aquatica atau disebut juga sebagai kacang saba merupakan tanaman hias yang cocok untuk keluarga perokok. Ini adalah tanaman sahabat keluarga perokok. Pachira adalah penyerap asap yang baik. Kalau Anda tidak dapat menghindari perokok di rumah, maka waktunya Anda memiliki tanaman ini di pekarangan untuk membantu menyerap asap, karbon dioksida, monoksida, dan melepaskan oksigen.



5. Chlorophytum/ Lili paris


Source: tokobibit.com

Lili paris merupakan tanaman hias yang dapat hidup di tempat yang kurang cahaya serta dapat menyerap zat karsinogen yang sangat berbahaya di dalam ruangan. Selain itu, tanaman hias ini juga dapat mengurai benzena dan nikotin dalam tembakau.


6. Suplir Adiantum/ Tumbuhan paku


Source: kaskus.co.id

Tumbuhan paku merupakan tanaman hias yang cocok ditempatkan di kantor. Tanaman ini mampu menyerap radiasi dan menyerap Xylene dan Toluene yang dihasilkan oleh monitor dan printer. Tumbuhan paku dianggap sebagai salah satu tanaman pembersih alami yang paling efektif. Apabila rumah Anda baru di cat dan ada perokok maka tumbuhan paku sangat direkomendasikan untuk ditempatkan dalam ruangan tersebut.



7. Monstera/Ceriman


Source: cgtrader.com

Monstera atau disebut juga sebagai Ceriman mampu meningkatkan kualitas udara di malam hari dengan menyerap CO2 dan melepaskan oksigen. Selain itu, tanaman hias ini juga dapat menyerap formaldehida dengan baik.


8. Sansevieria/Lidah mertua


Source: kaskus.co.id

Lidah mertua tanaman hias yang mampu memfilter udara dengan menyerap racun (polutan) berbahaya. Beberapa artikel di internet mengungkapkan bahwa lidah mertua cukup berbahaya karena mengeluarkan uap volatile organic compounds (VOC) yang berbahaya bagi kesehatan. Tetapi kenyataannya zat berbahaya tersebut disebabkan oleh pestisida yang digunakan saat pengembangbiakan tanaman tersebut dan juga bakteri di dalam tanah. Sehingga tidak ada bahaya yang dikeluarkan dari tanaman itu sendiri.


KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

2 views0 comments

Comments


bottom of page