top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

Tips Memadukan Warna Cat pada Rumah Minimalis


Kebanyakan orang hanya menggunakan 1 warna saja untuk dinding keseluruhan rumah. Hal ini disebabkan karena tidak berani mengexplore dan terbiasa dengan rumah-rumah pada umumnya.


Berikut merupakan tips dalam memadukan warna cat yang serasi agar desain rumah lebih unik dan tidak membosankan tetapi tetap nyaman untuk ditinggali.


Tips ini mencakup cat rumah secara keseluruhan, bukan hanya warna dinding saja, tetapi termasuk, dinding, lantai, langit-langit, furnitur, pintu dan kusen, bahkan hingga furniture, warna kain dan gorden.


1. Manfaatkan Cakram Warna


Source: citragran.com

Dalam cakram warna, terdapat tiga warna dasar, yaitu merah, kuning dan biru. Dari warna-warna dasar tersebut terbagi lagi menjadi warna sekunder tersier dan turunannya. Untuk mendapatkan warna yang senada dan serasi, pilihlah warna yang bersebelahan pada cakram warna. Untuk mendapatkan warna yang kontras tetapi tetap serasi, pilih warna yang berseberangan atau membentuk sudut 90 derajat dalam cakram warna. Untuk rumah tinggal, saat pemilihan warna kontras hindari penggunaan 2 warna kuat, karena itu akan merusak harmoni warna dan tidak enak dilihat.


Source: kelasdesain.com


2. Sesuaikan dengan Ukuran Ruang 


Source: pinterest.com

Untuk ruang yang sempit, gunakan warna-warna terang seperti putih, krem, coklat muda dan lain-lain agar ruangan terasa lebih luas.


Agar ruangan terasa lebih hidup, dapat digunakan warna gelap sebagai aksen pada perabot, gorden dan komponen lain. Hindari penggunaan warna gelap terlalu banyak agar ruangan tidak mendominasi dan terasa sempit.




3. Tentukan Konsep untuk Setiap Ruang


Source: pinterest.com

Tentukan konsep dan inspirasi suasana ruang yang ingin ditonjolkan, material board akan sangat membantu untuk membatasi dan melihat kembali apakah paduan warna sudah serasi dan sesuai keinginan.




4. Point of Interest yang Ingin Ditonjolkan


Source: pinterest.com

Berikan point of interest pada suatu ruang, yaitu bagian mana yang ingin ditonjolkan dalam ruangan tersebut. Point of interest dapat diperkuat dengan permainan warna yang lebih gelap atau kontras.




5. Warna Berbeda Sebagai Batas Ruang


Source: pinterest.com

Pada suatu ruang yang besar dengan berbagai macam fungsi ruang, dapat ditonjolkan perbedaan tiap fungsinya dengan warna dinding yang berbeda.


Ciri khas setiap ruang akan berbeda menurut fungsi yang ditampung di dalamnya. Pada ruang open-plan yang mempersatukan beberapa ruang dalam sebuah ruang sekaligus, warna yang berbeda dapat dijadikan batas untuk tiap ruang.


Penggunaan warna yang berbeda bisa kontras ataupun senada. Harus diingat bahwa tujuan perbedaan warna tersebut adalah untuk menonjolkan ciri khas dan suasana yang diinginkan pada tiap ruang.


Dari tips diatas dapat dilihat bahwa dalam rumah minimalis tidaklah selalu menggunakan cat putih. Tetapi dengan perpaduan warna yang pas, rumah minimalis dapat terlihat menjadi lebih hidup dan tetap tertata rapi.





KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

4 views0 comments

Comentarios


bottom of page