top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

Apa itu Aluminium Composite Panel?


Source: pinterest.com

Alumunium Composite Panel (ACP) adalah lembaran perpaduan antara plat alumunium dan bahan polyethylene yang biasa digunakan sebagai secondary skin pada dinding maupun kolom bangunan agar lebih estetis.


Lembaran Alumunium Composite Panel (ACP) cukup kaku, kuat, dan memiliki berat yang cukup ringan.


Lembaran aluminium composite panel (ACP) tersedia dalam berbagai macam warna, baik metalik maupun non logam. Permukaannya juga dapat dibuat dalam berbagai pola dengan seperti pola kayu, keramik, dan pola lainnya. Lembaran Alumunium Composite Panel (ACP) biasanya diproduksi dengan ukuran ketebalan 1-10 mm, dan ukuran 1220mmx2440mm.



Jenis-Jenis ACP


Jenis ACP menurut lapisan catnya terdiri dari 2 macam, yaitu :


1. Jenis Polyester (PE)


Source: ccme.org.cn

ACP jenis polyester biasa digunakan untuk interior seperti pelapis kolom dan penyekat ruangan dengan model perforated.


2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride)


Source: grestargroup.com

ACP jenis PVDF biasa digunakan untuk eksterior bangunan.



Karakteristik aluminium composite panel


Source: google.com

Detail karakteristik aluminium composite panel (ACP)

1. Jarak antara penopang bisa hingga 11 m (dinding), tergantung pada jenis panel yang digunakan. Pada aplikasi normal jarak antar penopang sekitar 3 m – 5 m.

2. Ketebalan panel 40 mm hingga lebih dari 200 mm.

3. Kepadatan aluminium composite panel (ACP) berkisar dari 10 kg / m2 hingga 35 kg / m2, tergantung pada busa dan ketebalan logam. Karena berat beban aluminium composite panel yang relatif ringan, transportasi penanganan dan pemasangan panel menjadi lebih mudah.




Kelebihan dari Aluminium Composite Panel


Source: pinterest.com

Tahan panas Ketahanan aluminium composite panel terhadap panas cukup tinggi, ketahanan tersebut meningkat seiring dengan meningkatnya ketebalan lembaran acp.


Isolasi akustik Aluminium composite panel juga dapat menadi material peredam suara yang terletak pada kisaran. 25 dB untuk elemen PU dan kira-kira. 30 dB untuk elemen MW. 


Sifat tahan api Lembaran aluminium composite panel (ACP) memiliki sifat tahan api yang berbeda-beda, tergantung dari ketebalan, busa,dll


Lembaran aluminium composite panel (ACP) bisa langsung ditempel di dinding bangunan atau diberi rongga sebagai second skin. Pada saat kebakaran, pemasangan aluminium composite panel (ACP) dengan rongga dapat menyebabkan api yang masuk kedalam rongga akan terdorong ke atas akibat aliran konveksi angin sehingga menyebabkan kebakaran sekunder.


Tahan terhadap cuaca

Aluminium composite panel (ACP) memiliki ketahanan yang sangat tinggi terhadap cuaca, sehingga tidak perlu dilakukan penggantian selama berpuluh2 tahun.


Tidak perlu dibersihkan

Aluminium composite panel (ACP) sangat sulit untuk kotor, sehingga sangat jarang diperlukan perawatan untuk pembersihan ACP

Tersedia berbagai macam warna

Pilihan warna aluminium composite panel (ACP) sangat bervariasi, dari warna-warna dasar, metalic atau doff, warna material kayu, dll dan bahkan dapat dibuat perforated (motif lubang sesuai keinginan).




Tips penggunaan dan pemasangan ACP


Jika anda berminat untuk menggunakan Aluminium Composite Panel untuk diaplikasikan pada rumah, kantor atau bangunan komersial lainnya. Berikut proses yang harus dilakukan:


1. Mintalah bantuan profesional yang sudah berpengalaman dalam memasang aluminium composite panel (ACP)


2. Dinding yang akan dilapisi aluminium composite panel (ACP) sebaiknya sudah diplester rapi. Lakukan marking sebelum melakukan pemasangan agar hasilnya rapi dan memuaskan.


3. Pada proses pengiriman, sebaiknya panel ACP diletakkan mendatar. Proses pembongkaran harus dilakukan dengan hati-hati agar panel tidak saling bergesekan dengan panel lainnya. Bila panel ACP disimpan dalam ruangan, sebaiknya diletakkan dengan posisi vertikal dan bersandar erat. Penyimpanan tidak boleh lebih dari 6 bulan. 


4. Ada dua sistem pemasangan aluminium composite panel, yaitu sistem tekuk dan sistem kupas. Keduanya ada kelebihan dan kekurangannya. Dengan sistem proses pemasangan dapat dipercepat, tetapi panel ACP harus ditekuk secara seragam satu kali saja dan tidak boleh ditekuk berulang kali. Sedangkan sistem kupas membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun panel akan terpasang lebih kuat dengan sistem ini.



KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

907 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page