top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

Macam-macam Trend Atap Rumah di Indonesia

Di Indonesia terdapat berbagai macam atap rumah. Atap tersebut selain berfungsi untuk mengatasi iklim yang ada, juga dapat sangat berpengaruh terhadap estetika bangunan.

Berikut merupakan jenis-jenis atap rumah di Indonesia :


1. Atap kampung


Source: blog.sman10pentagonkaur.sch.id

Atap kampung merupakan atap yang miring ke satu sisi saja. Disebut atap kampung karena di era sebelumnya atap model ini dianggap jelek dan identik dengan rumah-rumah kampong. Namun pada zaman sekarang, atap kampong ini cukup diminati, bahkan dimodifikasi menggunakan baja WF agar atap dapat menjorok cukup jauh ke depan.



2. Atap pelana



desaininterior.me

Atap pelana merupakan atap miring 2 sisi. Atap ini biasa digunakan pada rumah proyek sederhana. Tetapi dengan sentuhan arsitek, atap ini dapat menghasilkan tampak depan rumah yang unik.



3. Atap perisai


Source: dekoruma.com

Atap perisai merupakan atap yang miring ke 4 sisi. Atap bentuk ini merupakan atap yang sangat umum digunakan di rumah-rumah di Indonesia. Atap ini kurang diminati oleh arsitek aliran modern minimalis. Atap ini cocok untuk rumah aliran tropis minimalis, dengan atapnya yang dibuat lebih curam dari biasanya. Juga dapat digunakan untuk rumah klasik inggris.



4. Atap datar


Source: pinterest.com

Atap datar merupakan trend saat ini karena menimbulkan kesan fasad yang  simple dan modern. Tetapi atap ini menimbulkan berbagai macam masalah, yaitu atap tidak dapat menghalau panas karena tidak ada jarak yang cukup antara atap dengan ruang dalam rumah. Atap juga rawan bocor dan biaya pembangunan atap datar deck beton lebih mahal dari atap genteng biasa. Untuk menyiasati hal ini, terkadang arsitek menggunakan atap seng atau tegola yang dapat dipasang dengan sudut atap mendekati datar, lalu sekeliling ditutup dengan beton agar atap terkesan datar. Atap datar ini cocok untuk bangunan modern minimalis dan kolonial.



5. Atap kaca


Source: alibaba.com

Atap kaca selain digunakan untuk penutup kanopi, pada era modern ini, atap kaca digunakan di dalam rumah untuk memberikan penerangan dan juga menimbulkan kesan elegan di dalam rumah.



KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

1 view0 comments

Comments


bottom of page