top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

Pengertian bagian struktur bangunan

Updated: Jun 19, 2019


Source: forbes.com


Calon pemilik rumah kadang bingung dengan istilah bagian struktur bangunan yang diucapkan oleh arsitek maupun kontraktor, seperti pondasi, sloof, kolom, balok, plat lantai, overstek, plafond, kuda-kuda dan atap.


Berikut merupakan pengertian dasar bagi calon pemilik rumah yang masih awam dengan bangunan.


Pondasi



Source: asdar.id


Pondasi adalah bagian terbawah bangunan (kaki) yang berfungsi untuk menahan beban dari bangunan di atasnya dan menyalurkannya ke tanah. Jika dianggap seperti manusia, pondasi ini merupakan kaki yang menopang tubuh manusia, sehingga pemilihan jenis pondasi harus benar dan direncanakan dengan teliti. Pondasi secara garis besar dibagi menjadi 2, pondasi dangkal dan pondasi dalam.



Sloof



Source: google.com

Sloof adalah struktur berbentuk persegi panjang mendatar diatas pondasi yang berfungsi untuk menyalurkan beban bangunan di atasnya ke pondasi secara merata. Sloof ini selain sebagai penyalur beban juga berfungsi sebagai pengunci pondasi kolom dan balok agar tidak roboh saat ada pergerakan tanah.



Kolom



Source: theconstructor.com

Kolom adalah pilar penyangga bangunan yang berfungsi menyalurkan beban bangunan di atasnya ke sloof dan pondasi. Kolom ini juga berfungsi sebagai pengaku bangunan agar dapat berdiri tegak, tempat melekatnya bata agar tidak roboh dan juga untuk tempat melekatnya pintu agar dinding tahan dengan goncangan dari pintu. Kolom dibagi menjadi 2 yaitu kolom praktis dan kolom structural.



Balok



Source: ppg.spada.ristekdikti.go.id

Balok adalah struktur berbentuk persegi panjang mendatar yang berada di atas kolom yang berfungsi untuk menyalurkan beban dari plat lantai dan beban di atasnya ke kolom-kolom di bawahnya. Balok selain sebagai penyalur beban juga sebagai tempat berpijaknya plat lantai, tempat berpijaknya tangga, pengaku kolom dan mengunci bata di bawahnya. Balok dibagi menjadi 3 yaitu balok induk dan balok anak dan balok latai.



Plat lantai


Source: alizaka.blogspot.com

Plat lantai adalah plat yang terbuat dari beton maupun kayu yang berfungsi sebagai tempat manusia berpijak. Plat lantai ini berfungsi menyalurkan beban hidup dari manusia, barang-barang di dalamnya, ke balok-balok disekitarnya untuk diteruskan ke kolom. Terdapat berbagai macam tipe plat lantai yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.



Overstek


Source: www.heering.eu

Overstek adalah struktur bangunan yang menggantung bebas tanpa disangga kolom ataupun dinding. Overstek dapat berupa teras bangunan ataupun kanopi-kanopi kecil agar hujan tidak tampyas ke dalam bangunan.



Plafond


Source: pinterest.com

Plafond adalah langit-langit dalam suatu ruangan. Plafond berfungsi sebagai tempat menancapnya rumah lampu dan sebagai penutup balok, kuda-kuda dan penutup pipa air dan listrik agar ruangan terlihat bersih dan rapi. Plafond harus diberi lubang agar tukang dapat masuk dan membetulkan bagian yang rusak di atas plafond. Plafond memiliki jenis dan material yang berbeda-beda dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing.



Bak kontrol


Source: pabrikconblock.com

Bak kontrol adalah bak di bawah lantai yang dibuat di tiap lekukan pipa, bertujuan untuk menampung kotoran dari air hujan ataupun air kotor agar tidak terjadi kebuntuan. Bak kontrol ini ada yang dapat dibuka agar dapat dibersihkan, ada juga yang ditutup mati, hanya sebagai pengganti knee pipa agar tidak buntu.



Kuda-kuda


Source: sprayfoamexperts.co.uk

Kuda-kuda adalah rangka berbentuk segitiga penyangga penutup atap (genteng,dll) dalam suatu bangunan. Rangka ini dapat terbuat dari kayu, baja maupun galvalum. Rangka kuda-kuda biasa berbentuk segitiga karena penutup atap harus miring agar air hujan dapat turun dan tidak membebani bangunan.



Atap


Source: liputan6.com

Atap adalah penutup dari bangunan agar bangunan terlindung dari cuaca panas, hujan, salju dan lain-lain. Atap dapat berupa deck beton, genteng dan berbagai macam material lain. Sesuai dengan materialnya bentuk atap dapat bervariasi untuk mempercantik bangunan.



KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

116 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page