top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

Penyebab Lantai Keramik Menggelembung dan Pecah (popping)


Source: sementigaroda.com

Permasalahan lantai keramik menggelembung, terangkat, meledak dan pecah merupakan hal yang sering ditemui. Bahkan keramik dapat terangkat di 1 ruangan menyebabkan suara keras seperti ledakan.


Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah tersebut, seperti kesalahan konstruksi, kualitas keramik, kesalahan pemasangan, hingga campuran adukan yang jelek.


Berikut penyebab lantai keramik menggelembung, retak, pecah, hingga meledak:


1. Campuran semen yang kurang baik


Source: redesain21.com

Campuran semen yang  kurang baik sehingga tidak dapat merekatkan permukaan keramik atau permukaan lantai kerja (lantai sebelum di pasang keramik). Hal ini bisa diminimalisir dengan semen instan yang beredar di pasaran.





2. Keramik tidak direndam di dalam air terlebih dahulu


Source: google.com

Keramik memiliki daya penyerapan air yang cukup tinggi, jiika keramik tidak direndam terlebih dahulu, maka setelah dipasang keramik dapat mengembang saat menyerap air sehingga bisa pecah.


Khusus untuk pemasangan granit tile tidak diperlukan perendaman karena granit tile memiliki daya penyerapan air yang sangat rendah.





3. Teknik menyemen nat yang kurang baik


Source: leaffilter.ca

Sambungan antara keramik 1 dengan keramik lainnya jika tidak terisi semen nat dengan baik, udara dan kelembaban dapat masuk dan mendorong keramik yang akhirnya menyebabkan popping.





4. Kondisi bagian bawah keramik yang lembab


Source: google.com

Jika bagian bawah keramik dalam keadaan basah, lembab, atau berjamur, atau terdapat rongga yang terisi air, pasangan keramik menjadi kurang baik dan beresiko terangkat.





5. Adanya beban berlebih di atas keramik


Source: google.com

Beban berlebih di atas keramik menyebabkan sebagian keramik tertekan. Penekanan yang terlalu kuat dan tidak merata ini menyebabkan popping.



6. Adanya pergerakan tanah dibawah keramik


Source: pinterest.com

Pergerakan tanah ini diakibatkan karena kurangnya proses pemadatan sebelum keramik dipasang. Maka dari itu sebelum pengecoran lantai, tanah harus dipadatkan dengan stamper dan direndam air.





7. Pemuaian akibat cuaca


Source: iconfinder.com

Adanya pemuaian akibat cuaca yang berubah dari dingin ke panas, kualitas keramik yang buruk akan mudah retak dan pecah pada kondisi seperti ini.


Setelah mengetahui penyebab pengglembungan dan keramik meledak dapat dilakukan tindakan preventif dengan cara pemasangan keramik/ granit tile yang benar.



KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

29 views1 comment

Recent Posts

See All

1 Comment


pelez z
pelez z
Jun 30, 2021

Kak, klo pasang keramik sistemnya ditimpa dengan keramik lama apa bisa menyebabkan keramik terangkat jg?

Like
bottom of page