top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

Tips Mendesain Rumah yang Sejuk

Updated: May 9, 2019


Source: pinterest.com

Cuaca di Indonesia dari hari ke hari semakin panas. Banyak orang menggunakan jalan pintas dengan menyalakan AC. Tetapi dengan desain yang baik, panas tersebut dapat diatasi, seperti dengan peneduh dan sirkulasi udara yang baik. Berikut merupakan tips mendesain rumah yang sejuk.



1. Langit-langit yang tinggi

Source: pinterest.com

Langit-langit yang rendah membuat rumah terasa sempit. Sebaliknya, plafond tinggi akan membuat suasana ruangan tampak lebih luas dan terasa sejuk.


Dengan langit-langit yang tinggi, udara panas dapat naik ke atas sehingga mengurangi panas dalam ruangan.



2. Rongga di bawah atap anti panas


Source: jayawan.com

Rongga dibawah atap dapat dibentuk dengan memasang aluminium foil dan juga dengan memasang plafond. Pemasangan bahan-bahan tersebut dapat mengurangi panas secara signifikan.


Dinding pada rongga tersebut dapat dipasangi angin-angin agar angin dapat lewat di antara rongga tersebut untuk mengurangi pemanasan yang terjadi.



3. Menggunakan ventilasi silang


Source: ssb2012alg4nr.wordpress.com

Ruangan dengan jendela pada 1 sisi dinding saja tidak dapat mengalirkan angin ke dalam ruangan. Ventilasi silang adalah bukaan jendela pada 2 sisi dinding ruang agar angin dapat masuk dari satu sisi dan keluar ke sisi satunya. Angin yang masuk dapat mengurangi hawa panas dan kelembaban sehingga rumah menjadi lebih sejuk.



4. Memasang dinding rangkap pada sisi Barat rumah


Source: pinterest.com

Rumah bagian Barat biasa mendapat matahari sore yang sangat terik. Dinding 1 sisi saja tidak dapat menghalau panas matahari yang terik tersebut. Oleh karena itu dinding rangkap dengan rongga udara di dalamnya dapat memperangkap panas dalam rongga tersebut sehingga tidak sampai masuk ke dalam ruangan.



5. Menggunakan kaca film


Source: pinterest.com

Kaca film dapat menghalau panas dengan signifikan, tetapi kaca film berdampak pada penurunan intensitas cahaya yang masuk.



6. Membuat kolam


Source: pinterest.com

Kolam di dalam rumah selain menambah estetika, dapat juga digunakan untuk memberikan kesan sejuk dan adem. Akan lebih baik jika di sekitar kolam ditanam dengan tanaman dan rumput yang dapat menyerap panas dan menambah oksigen dalam rumah.



KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

3 views0 comments

Comments


bottom of page