top of page
  • Writer's pictureFelix Santoso

Trend Style Arsitektur Indonesia 2019

Gaya arsitektur selalu berkembang dari masa ke masa dan memiliki ciri khasnya di tiap daerah. Perkembangan tersebut selain dipengaruhi oleh perkembangan estetika juga akibat iklim, efisiensi ruang dan kenyamanan rumah. Berikut merupakan gaya arsitektur yang sedang trend di Indonesia.


1. Arsitektur Brutalisme

Source: themanual.com

Arsitektur brutalisme merupakan gaya arsitektur yang berkembang dari tahun 1950an sampai 1970an. Brutalisme  merupakan kata dari bahasa perancis yaitu beton brut yang artinya beton kasar, merupakan gaya yang dikarakterisasi dengan semen kasar yang ditonjolkan dan sering kali terlihat tekstur bentukan kayu cetakan, dan desain-desain balok besar.



2. Arsitektur Minimalis

Source: wsj.com

Arsitektur minimalis merupakan gaya arsitektur yang sesuai dengan namanya, minimal. Rumah dengan gaya arsitektur ini  simpel, mulai dari material, bentuk, ruang, detail, dan warna, sehingga minim dekorasi dan menampilkan bentukan dasar kotak yang kuat.



3. Arsitektur Tropis Minimalis

Source : pinterest.com

Arsitektur tropis minimalis merupakan gaya arsitektur gabungan dari arsitektur tropis dan arsitektur minimalis. Dimana gaya bangunan tetap menyesuaikan iklim tropis, seperti atap miring, sosoran yang cukup agar jendela tidak tampyas, tetapi tetap mengusung konsep simple dari arsitektur minimalis



4. Arsitektur Mediterania

Source: bahayofw.com

Arsitektur Mediterania banyak digunakan di wilayah tropis dengan cuaca panas dan paparan sinar matahari sepanjang tahun. Terinspirasi dari gaya arsitektur Spanyol, Italia, dan Portugal, arsitektur rumah ini mulai diperkenalkan pada tahun 1918 mulai populer di tahun 1940. Elemen utama dari rumah ini adalah atap keramik berwarna merah yang terinspirasi dari arsitektur Spanyol dan Meksiko.



5. Arsitektur Klasik

Source: desainrumahnya.com

Arsitektur Klasik merupakan gaya arsitektur yang sangat menonjolkan dekorasi seperti patung-patung, motif bunga-bunga dan material-material yang rumit. Arsitektur ini terinspirasi dari gaya arsitektur Eropa.




KONSEP Arsitek dan Kontraktor menyediakan jasa arsitek, kontraktor dan interior, untuk info lebih lanjut dapat mengontak di +6282232744405

9 views0 comments

Comments


bottom of page